3 Cara Merawat Cendet Anakan Trotolan yang Tepat

3 Cara Merawat Cendet Anakan Trotolan yang Tepat - Burung cendet merupakan salah satu burung kicauan yang terkenal. Memelihara burung cendet dari anakan memang lebih sulit dibandingkan dengan memelihara burung cendet yang sudah dewasa dan gacor. Cara merawat cendet anakan atau yang sering disebut dengan trotolan memang harus lebih sabar dan dirawat dengan ekstra. Perawatan yang dilakukan harus memperhatikan makanan, latihan, kebersihan kandang dan melakukan pemasteran. Melakukan perawatan burung cendet anakan dari sejak dini bisa menghasilkan burung cendet yang berkualitas dan mungkin saja menjadi juara dalam pertandingan kicauan burung. Perawatan anakan cendet harus dilakukan dengan ekstra dan tepat.

cara merawat anakan cendet agar tidak mati,cara merawat anakan pentet umur 1 minggu

Tiga Tips Atau Cara Untuk Merawat Burung Cendet Anakan Trotolan

• Memberi makan yang tepat
Cara merawat cendet anakan yang tepat agar menjadi juara yaitu dengan memberikan makanan yang tepat. Tidak semua makanan burung cocok untuk burung cendet apalagi yang masih anakan. Burung cendet anakan sebaiknya diberi makan berupa jangkrik dan serangga seperti belalang. Makanan ini adalah makanan asli burung cendet jika ada di habitatnya. Selain memberikan pakan berupa jangkrik dan belalang, burung cendet juga harus diberi multivitamin setiap tiga kali seminggu. Multivitamin ini bisa membuat burung cendet terpenuhi nutrisinya.

Baca juga: Langkah Melihat Perbedaan Anis Merah Jantan dan Betina

• Memberikan latihan agar cepat jinak
Memberikan latihan yang tepat juga merupakan salah satu cara merawat cendet anakan yang tepat. Latihan yang diberikan pada burung cendet ini bisa berupa pemberian makanan di luar sangkarnya. Makanan yang diberikan adalah makanan hidup berupa jangkrik atau belalang. Pemberian makanan ini bisa membuat cendet terlatih mentalnya. Meletakkan burung cendet di tangan juga merupakan salah satu latihan untuk membuat burung cendet lebih jinak. Untuk melakukan latihan ini lakukanlah dengan tenang agar burung merasa nyaman.

• Lakukan pemasteran dari kecil
Cara merawat cendet anakan agar cepat bunyi adalah dengan melakukan pemasteran sejak kecil. Pemasteran yang dilakukan pada burung cendet anakan harus dilakukan dengan cara burung cendet di kerodong dalam sarang. Cara merawat cendet anakan dengan pemasteran ini bisa menghasilkan suara yang bagus dan merdu. Jarak antara burung dan suara master sebaiknya 2 meter dan lakukan dalam ruangan yang sunyi dan tenang. Suara burung apapun bisa dijadikan master, bahkan suara belalang juga bisa dijadikan master untuk burung cendet.

Selain tiga cara perawatan burung cendet anakan di atas, ada hal lain yang perlu diperhatikan ketika merawat burung cendet anakan yaitu kebersihan kandang. Setiap hari kandang dari burung cendet harus dibersihkan. Tempat minum dan tempat makanan burung juga harus dibersihkan. Kebersihan sangkar burung akan membuat burung menjadi sehat dan tidak mudah terkena penyakit. Untuk burung cendet ada baiknya juga dimandikan dan dijemur setiap paginya. Penjemuran burung ini akan membuat tulang dan sayap burung menjadi kuat. Tapi ingat, hindari menjemur burung di atas jam 10 pagi. Cara merawat cendet anakan memang harus sabar dan telaten agar menghasilkan burung cendet juara yang berkualitas.

Lanjut ke cara menbuat burung anis merah teler istimewa dengan cepat
[X] CLOSE