4 Tahapan Cara Merawat Cucak Ijo Untuk Lomba

4 Tahapan Cara Merawat Cucak Ijo Untuk Lomba - Cucak ijo atau cucak hijau tidak termasuk ke dalam famili cucak-cucakan. Burung dengan nama lain Chloropsis sonnerati ini memiliki warna badan yang didominasi oleh warna hijau. Burung cucak ijo ini termasuk kerabat dekat dari burung cipoh yang bernama ilmiah Aegithina spp, dan tergolong suku Chloropseidae. Bagi pencinta burung ini tentu ingin mengetahui cara merawat cucak ijo untuk lomba. Kami di sini akan membagikan informasi penting untuk Anda mengenai tips perawatan cucak ijo agar siap kontes. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam perawatan cucak ijo ini. Agar daya tahan tubuhnya lebih fit dan juga lebih berstamina saat lomba.

cara merawat burung, cepat bunyi, cucak ijo mabung, lomba,

Tahapan Cara Merawat Cucak Ijo Untuk Lomba

1. Ukuran dan Bentuk Kandang 

Cucak ijo mempunyai karakter yang begitu handal dalam melakukan lompatan dan tergolong burung yang gesit. Hal ini tentu membutuhkan perhatian khusus ketika memilih kandang untuk cucak ijo. Dalam cara merawat cucak ijo agar siap kontes, maka Anda perlu memilihkan kandang dengan ukuran agak besar, dengan 2 palang tangkringan di dalam kandang atau sangkar, agar burung bisa bertengger dengan nyaman. Ketika Anda ingin mengikut sertakan burung ini dalam sebuah kontes, pilihlah kandang bermodelkan Sanghai, dengan bentuk yang bundar memanjang, di dalamnya terdapat 2 bagian tempat pakan, yaitu untuk makanan berupa kroto dan voer. Sediakan pula 1 tempat sebagai tempat minum cucak ijo kesayangan Anda. 

2. Kebersihan Sangkar Burung 

Cara merawat cucak ijo untuk lomba berikutnya adalah dengan selalu memperhatikan kebersihan sangkar burung cucak ijo Anda. Kebersihan sangkar ini tentunya agar cucak ijo selalu sehat dan mencegah cucak ijo terkena penyakit. Bersihkan sangkar burung sebanyak 1 kali dalam 2 hari. Pastikan untuk selalu membersihkan kotoran burung pada dasar sangkar, yaitu dengan mengaliri dasar sangkar dengan menggunakan air, lalu menyemprotnya memakai cairan untuk pembasmi kuman, bisa juga dengan memakai pembersih lantai kamar mandi. Buang pula sisa dari makanan agar terhindar dari lumut atau jamur pada sangkar burung tersebut. Jemur sangkar tepat di bawah terik matahari di pagi hari sampai kering. 

3. Pemberian Pakan Burung 

Tips cara merawat cucak ijo untuk lomba berikutnya adalah dengan pemberian pakan burung yang berkualitas. Anda bisa memberinya serangga yang terdapat di alam secara bebas. Anda juga bisa menambahkan buah-buahan, sayuran dan biji-bijian pada pakan burung cucak ijo milik Anda. Pakan utama bisa berupa, serangga, ulat bambu dan voer. Tambahan buah-buahan bisa berupa pepaya matang dan pisang kepok. Jika musim hujan tiba, Anda bisa memberinya makanan berbentuk jangkrik dan kroto. Pemberian minuman sebaiknya air minum mineral untuk kesehatan burung. 

4. Memandikan Cucak Ijo 

Cucak ijo sebenarnya termasuk burung yang suka sekali untuk memandikan dan membersihkan dirinya. Oleh karena itu, Anda bisa menyediakan kandang yang digunakan secara khusus sebagai tempat mandinya. Anda bisa menyediakan wadah plastik yang diberikan air secukupnya. 

Itulah 4 tahapan cara merawat cucak ijo untuk lomba agar cucak ijo selalu sehat, berstamina hingga siap untuk dikonteskan!

Lanjut ke cara perawatan cucak ijo stress
[X] CLOSE