4 Tips Cara Memilih Kacer Yang Bagus dan Berkualitas

4 Tips Cara Memilih Kacer Yang Bagus dan Berkualitas - Bagaimana cara memilih kacer yang bagus? Pencinta burung mania, tentu menginginkan salah satu burung idola yang berkualitas ini, yaitu burung kacer. Bagi pemula yang baru memulai hobinya untuk memelihara burung, tentu merasa kesulitan bagaimana tips memilih kacer yang bagus untuk Anda. Benar adanya, jika ketika kita memilih burung harus memperhatikan berbagai macam faktor. Kacer sendiri merupakan sejenis burung fighter atau petarung yang saat ini semakin terkenal di kalangan pencinta burung. Bahkan, posisi kacer sendiri sudah menempati kelas bergengsi untuk setiap daerahnya.

cara-merawat-burung,Yang-Bagus-dan-Berkualitas,cara-memilih-kacer-jantan,kacer-bagus,rahasia-burung-kacer,kacer-petarung,kacer-stres,kacer-siap-lomba,trotol-jantan-juara,,

Pencinta burung kacer yang melombakan kacer kesayangannya ini, tak hanya berasa dari daerah Sumatera saja, bahkan daerah Kalimantan hingga pulau Jawa sekalipun kian ramai mengikut sertakan kacer untuk mengikuti perlombaan. Dalam cara memilih kacer yang bagus tentu tidak terlepas dari beberapa faktor. Selain itu, Anda tentu harus memahami karakter kacer yang bagus seperti apa, dengan demikian Anda bisa mendapatkan burung kacer juara yang mampu membawa Anda pada keberuntungan. Entah itu Anda memilih kacer bakalan ataupun yang sudah siap di lapangan, tentu membutuhkan modal dan pengorbanan yang tidak sedikit. Untuk kacer bakalan sendiri, Anda harus bisa melatih kacer kesayangan dengan baik setiap hari. Sementara untuk kacer lapangan yang siap dilombakan tentunya membutuhkan modal uang yang tidak murah.

Baca Juga :
Perawatan Kacer Lomba Sebagai Persiapan Lomba
Tips Dalam Perawatan Kacer Jawara
Cara Pencegahan dalam Mengatasi Kacer Mbagong Saat Lomba

Cara Memilih Kacer Yang Bagus dan Berkualitas Serta  Berpotensi Menguntungkan

Bagi Anda yang memiliki kendala dalam hal modal, tentu ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika memilih kacer yang berkualitas, seperti cara memilih bakalan kacer yang bagus berikut ini: 

• Berdasarkan Jenis Kelamin Apabila Anda hendak mencair burung kacer karena kicauannya. Sebaiknya pilih kacer yang berjenis kelamin jantan. Umumnya, kacer jantan ini selain memiliki bulu hitam bagus yang mengkilap, juga memiliki suara yang lebih bagus dibanding kacer betina. Tak hanya itu saja, sebaiknya pilih juga burung kacer dengan postur tubuh berisi dan bentuk leher panjang. Dengan bentuk leher panjang, biasanya burung ini memiliki karakter suara yang begitu baik. 

• Berdasarkan Paruh Cara memilih kacer yang bagus berikutnya adalah dengan memilih kacer yang berparuh besar, panjang dengan pangkal yang lebar. Selain itu, pastikan juga untuk memilih kacer dengan bagian lubang hidung yang dekat dengan bagian matanya. Hindari memilih kacer dengan bentuk paruh bengkok, karena kicauannya biasanya tidak begitu bagus di telinga. 

• Berdasarkan Kepala dan Mata Cara memilih kacer yang bagus selanjutnya adalah dengan memperhatikan bagian bentuk mata dan kepala. Terutama bagi Anda yang menginginkan kacer dengan karakter fighter yang kuat, maka harus memilih kacer dengan mata bundar dan bentuk kepala yang kotak, matanya juga terlihat melotot dan berukuran lebih besar. 

• Berdasarkan Postur Tubuh Pilih kacer yang memiliki postur tubuh sedang atau proporsional, bentuk ekor, leher dan kakinya juga terlihat yang proporsional. Karena postur tubuh kacer yang proporsional dan ideal bisa mempengaruhi kecepatan dalam kemampuan bertarungnya dan kemudahan mengeluarkan suara bagusnya. 

 Nah, itulah 4 cara memilih kacer yang bagus bagi para pemula yang ingin memelihara burung kacer. Semoga bermanfaat!

Lanjut ke inilah 6 jenis suara kenari jantan internasional sebagai masteran kenari
[X] CLOSE