8 Langkah Perawatan Kacer Setelah Mabung

8 Langkah Perawatan Kacer Setelah Mabung - Tak jarang permasalahan terjadi saat kita sedang merawat seekor burung, salah satunya adalah menjadi pendiam setelah melewati masa mabung. Lalu, bagaimana cara perawatan kacer setelah mabung agar gacor kembali? Permasalahan kacer yang macet berbunyi setelah mabung bisa saja terjadi karena adanya gangguan sistem metabolisme pada tubuh sang kacer. Saat kacer sedang mengalami mabung, biasanya burung kacer akan lebih fokus untuk merontokkan bulu mereka yang lama. Sehingga dalam tips merawat kacer setelah mabung memerlukan pemberian nutrisi yang cukup, seperti pemberian makanan dengan kandungan vitamin dan protein tinggi.

cara merawat burung lomba, setelah mabung, solusi,

Sebelum menuju pembahasan cara perawatan kacer setelah mabung, ada beberapa ciri yang perlu Anda ketahui ketika kacer sedang mabung, diantaranya:

• Mata kacer akan terlihat sayu dilengkapi dengan tatapan matanya yang kosong

• Burung menjadi malas berbunyi dan tidak bergairah

• Bulu pada kacer terlihat tidak mengkilap lagi dan tampak kusam

• Bulu-bulu burung yang kecil mulai berjatuhan hingga 1 sampai 4 helai bahkan di keesokan harinya bulu yang rontok menjadi lebih banyak.

Apabila burung kacer Anda sedang mengalami hal ini, maka Anda sebaiknya segera melakukan perawatan kacer pasca mabung dengan cara diistirahatkan serta dilakukan perhatian secara khusus. Adapun untuk merawat kacer seusai mabung, ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui sebagai berikut:

8 Langkah Perawatan

1. Saat bulu burung kacer mulai rontok, sebaiknya tidak menyemprot burung atau memandikannya.

2. Pakailah kerodong pada burung dengan menyeluruh, agar membuat burung kacer merasa lebih tenang ketika menghadapi waktu atau masa mabungnya serta ketika melucuti bulu pada tubuhnya.

3. Perawatan kacer setelah mabung juga sangat penting dengan memberinya makanan tambahan atau extra fooding dengan porsi yang lebih banyak, seperti memberinya ulat hongkong, kroto, dan jangkrik hingga 1 minggu lamanya sebelum tahap pengkrodongan.

4. Seusai seminggu lamanya, Anda bisa menghentikan untuk pemberian ulat hongkong, kroto dan jangkrik. Kemudian bersihkan sangkar burung harian memakai shampo agar jamur dan kutu pada sangkar bisa hilang.

5. Jangan pernah memberi burung extra fooding saat mereka sedang mabung, sebab bisa menimbulkan terjadinya birahi tertekan sehingga bisa berdampak buruk sesudahnya.

6. Perawatan kacer setelah mabung yang paling penting adalah dengan memberinya voer berkualitas tinggi supaya pemenuhan gizi asupan makanan bisa terpenuhi,

7. Bersihkan kotoran kacer sekali dalam 3 hari, dengan cara menyemprotkan air pada sela-sela sangkar memakai shampo atau pembersih yang dicampur air.

8. Tahap berikutnya sebaiknya ganti air minum si kacer, lalu berikan multivitamin berupa Ebod Vit dengan kandungan Vitamin B1, vitamin A, vitamin D3, Vitamin B12, vitamin B6, Folic Acid, Nicoinic Acid dan Vitamin C untuk mengatasi stres serta untuk menambah stamina tubuh dan juga menjaga sistem keseimbangan tubuh pada burung.

8 cara perawatan kacer setelah mabung agar berstamina kembali. Semoga membantu!

Lanjut ke Tips perawatan kacer untuk lomba dengan metode harian atau lomba
[X] CLOSE