Sabtu, 15 Agustus 2015

Bagaimana Perawatan Kacer Macet Bunyi? Ini Solusinya!

Bagaimana Perawatan Kacer Macet Bunyi? Ini Solusinya! - Bagaimana perawatan kacer macet bunyi? Kacer dengan nama ilmiah Copsychus saularis merupakan sejenis burung berkarakter petarung yang pandai berkicau. Burung kacer memiliki warna putih dan hitam yang berekor panjang. Biasanya, ekor kacer akan terangkat hingga ke atas ketika mereka hendak mencari makanan dari tanah. Jenis burung ini termasuk jenis yang memiliki kicauan handal, sehingga banyak diburu oleh pencinta kontes burung. Salah satu masalah yang kian terjadi pada burung kacer adalah masalah kacer yang macet gacor. Penyebab kacer macet bunyi sendiri biasanya burung mengalami kalah mental atau sedang sakit, bisa saja karena adanya kutu yang terdapat pada burung atau dari pemberian makanan yang basi. 
cara merawat burung, mabung, macet bunyi, mbagong, solusi,

Kacer Macet

Jika Anda sudah mengetahui penyebab kacer kesayangan Anda macet bunyi, maka Anda tinggal melakukan beberapa perawatan kacer macet bunyi. Jika kacer Anda mengalami gangguan tenggorokan yang membuatnya macer gacor, maka bisa melakukan cara dengan mengeluarkan kacer kesayangan Anda di subuh hari. Hal ini sangat baik untuk kondisi kesehatan tenggorokan kacer Anda. Sehingga burung kacer pun terasa lebih ngemplong dan rajin gacor. Perawatan ini tentunya harus dilakukan secara rutin. Selain itu, perawatan dengan cara pengembunan ini sangat efektif untuk burung kacer. Ketika mereka dikeluarkan atau diajak berjalan-jalan di pagi hari ke alam liar, tentu mereka merasa terbebas dan bisa mengeluarkan suara dengan lantang dan keras. 

Selain cara tersebut, untuk mengatasi kacer macet bunyi lainnya adalah dengan mengkarantina burung kacer kesayangan Anda. Letakkan kacer tersebut di ruangan khusus agar mereka merasa aman dan nyaman. Hal ini dilakukan jika burung kacer mengalami sakit atau stres. Anda juga bisa melakukan perawatan kacer macet bunyi dengan pola perawatan secara harian. Dengan memberikannya ekstra fooding, contohnya dengan memberinya jangkrik sebanyak 5 ekor di pagi hari dan 3 ekor di sore hari. Tambahkan pula dengan pakan pabrikan yang berupa voer. Sebaiknya untuk sementara waktu, biarkan burung tersebut di ruang karantina terlebih dahulu, lalu berikan ia makanan dan juga minuman setiap harinya. 

Untuk mempercepat pemulihan kacer Anda yang macet bunyi, sebaiknya bisa menggunakan multivitamin seperti Ebod Vit. Cara meminumkannya adalah dengan meneteskan sebanyak 5 hingga 10 tetes dalam air minum burung kacer. Anda bisa memberinya pada wadah tempat air minum kacer saat kacer di karantina. Multivitamin ini memiliki kemampuan untuk mencegah stres dan mengatasinya pada burung. Selain itu juga bisa menjaga stamina, keseimbangan tubuh, merangsang burung bersuara, hingga meningkatkan kembali nafsu makan pada burung. Cara perawatan kacer macet bunyi lainnya adalah dengan menghindarkan burung kacer kesayangan Anda dari terik matahari. 

 Jika kacer sudah mulai menunjukkan kicauannya dan sudah semakin puih, Anda juga bisa melakukan berbagai perawatan atau jenis terapi lainnya dengan cara memberi kacer sparing partner, yaitu dengan memberi kacer yang memiliki sifat petarung dan mental di bawahnya. Hal ini untuk memicu insting kacer agar berkicau dan juga untuk menumbuhkan jiwa fighternya kembali. Ya, demikianlah tips perawatan kacer macet bunyi untuk burung kacer kesayangan Anda!

 Lanjut ke 8 langkah perawatan kacer setelah mabung
Bagaimana Perawatan Kacer Macet Bunyi? Ini Solusinya! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri