6 Langkah Cara Membedakan Anis Merah Jantan dan Betina Berdasarkan Ciri-Cirinya

Cara Membedakan Anis Merah Jantan dan Betina - Jenis burung Anis Merah merupakan salah satu burung yang mempunyai harga mahal dan suara kicauan yang bagus. Namun sayangnya, burung Anis Merah jantan dan betina sangat sulit dibedakan karena bentuk tubuhnya yang cukup berbeda. Cara membedakan Anis Merah jantan dan betina bisa dilakukan. Burung yang termasuk dalam keluarga ras Zoothera citrina ini tersebar luas di daerah Asia termasuk juga di Indonesia. Di beberapa daerah, nama burung Anis Merah sering disebut dengan burung punglor merah atau burung punglor cacing.

cara membedakan anis merah jantan dan betina yang sudah dewasa,cara membedakan anis merah jantan dan betina trotolan,jantan dan betina anakan,

Cara membedakan Anis Merah jantan dan betina memang tidak mudah. Burung yang termasuk dalam lomba kicauan merupakan banyak di cari ini memang mempunyai bentuk dan ciri hampir sama bentuknya antara berjenis kelamin jantan dan betinanya. Walaupun demikian, tentu saja keduanya bisa dibedakan dengan melihat ciri tubuh dari keduanya. Untuk membedakan mana burung Anis merah betina dan jantannya bisa dilihat dari beberapa ciri tubuh dan perilaku keseharinnya sendiri berikut ini.

Membedakan Jantan dan Betina


Warna bulu hitam
Kita membedakannya antara Anis Merah jantan dan betina dapat dilihat dari warna bulunya yng hitam. Warna bulu hitam pada yng jantan mempunyai warna hitam lebih mengkilap dibandingkan dengan bulu dari berjenis kelamin betina. Sedangkan warna hitam pada bulu terdapat pada betina mempunyai warna yg lebih kusam.

Bentuk Tulang Kloaka
Cara membedakan Anis Merah jantan dan betina juga bisa atau dapat dilihat dari bentuk tulang kloakanya. Bentuk tulang kloaka pada terdapat pada brg yg berjenis kelamin jantan lebih runcing dan juga rapat. Sedangkan bentuk tulang kloaka ada pada betina lebih lembek dan juga lebar.

Baca : Makanan Burung Kenari

Ketika bertemu Dengan lainnya
Perbedaan dari perilaku dapat juga dilihat untuk membedakan antara jantan dan betinanya Anis Merah. jika bertemu dengan burung Anis Merah lainnya akan mengangkat kepala dan juga berkicau menunjukan kejantanannya. Sedangkan untuk betina jika bertemu dengan lainnya akan menggetarkan sayapnya dan akan ngriwik atau bersiul.

Baca Juga:
Tahapan Cara Membuat Burung Anis Merah Teler Istimewa
Perawatan Anis Merah Jantan dan Ciri-Ciri Telah Dewasa
Harga Anis Merah Bakalan Untuk Investasi Masa Depan

Ketika Anakan
Cara membedakan Anis Merah jantan dan betina juga bisa dilihat pada saat anakan atau trotolan. Warna bulu anakan Anis Merah pejantan sayapnya berwarna hitam mengkilat dan tidak mempunyai warna kuning. Sedangkan betina mempunyai sayap terdapat warna bintik-bintik warna kuning.

Ketika dewasa
Perbedaan Anis merah jantan betina dewasa yaitu yng berkelamin jantan mempunyai warna hitam yg lebih mengkilap. Sedangkan yng betina warna bintik kuning pada sayap akan hilang dan digantikan warna hitam lebih kusam. Warna hitamnya pun tidak terlalu mengkilap seperti burung jantan.

Selain dari ciri-ciri di atas, untuk membedakan burung Anis Merah jantan dan betina juga bisa dilihat dari bentuk tubuh secara keseluruhan. Bentuk tubuh secara keseluruhan baik jantan dan betina mempunyai perbedaan dalam bentuk dan ukurannya. Membedakan Anis Merah jantan dan betina dengan bentuk tubuh sangatlah simpel. Anis Merah jantan mempunyai bentuk fisik keseluruhan yg lebih ramping dan panjang. Sedangkan untuk betina mempunyai bentuk fisik yg lebih bulat dan pendek dibandingkan jantan. Cukup sulit memang cara membedakan Anis Merah jantan dan betina tapi tentu saja jika dilakukan dengan lebih teliti akan membuahkan hasil baik.

Baca : Makanan Burung Kenari
[X] CLOSE