Tips Cara Merawat Cucak Ijo Mabung Yang Tepat

Cara Merawat Cucak Ijo mabung memang tidak mudah, jenis kicauan ini memiliki karakteristik lebih manja dibanding lain. Cucak ijo merupakan jenis yang masih dalam keluarga merbah seperti terucuk atau crocokan, cucak rowo dan cucak jenggot. Ciri khusus dari cucak ijo adalah memiliki warna bulu hijau sehingga diberi nama cucak ijo. Ukuran ini lebih besar dari terucuk dan jenggot. Salah satu daya tarik cucak ijo adalah memiliki kicau yang merdu dan indah dan masuk dalam jenis aduan sehingga banyak pecinta memeliharanya. 

merawat-cucak-ijo-mabung,cucak-ijo-mabung-berapa-lama,cucak-ijo-mabung-macet-bunyi,perawatan-cucak-ijo-mabung-om-kicau,
Baca juga: Cara merawat kacer bakalan

Cucak ijo juga memiliki siklus mabung seperti lainnya, mabung adalah kondisi sedang mengalami pergantian bulu-bulunya. Biasanya mabung terjadi sekitar 6-8 bulan sekali. Pada saat kondisi seperti inilah pemilik harus merawat cucak ijo mabung dengan hati-hati. Sebab ketika cucak ijo mabung rentan mengalami stres dan tidak mau berkicau. Bagi Anda yg belum memahami tentang yang sedang mabung khususnya pada cucak ijo, ciri-ciri cucak ijo mabung ditandai dengan rontoknya bulu-bulu pada cucak ijo. Jika sudah demikian maka sebaiknya harus dirawat dengan baik, karena jika tidak cucak ijo bisa stress, terkena penyakit yang menimbulkan kematian.


Tindakan Dalam Cara Merawat Cucak Ijo Mabung

Ketika Anda sudah mengetahui ciri-ciri ijoan ini mengalami mabung, maka sebaiknya Anda menerapkan perawatan ekstra. Ada beberapa cara merawat cucak ijo mbaung yg aman dan tidak menimbulkan cucak ijo mengalami stress pada saat mabung. Anda bisa menyimak caranya berikut ini:

Cek kondisi si-ijoan apakah dalam keadaan sehat tidak terjangkit suatu penyakit akibat virus. Anda bisa mengecek kesehatan si-ijoan kepada dokter hewan untuk mengetahui keadaan sehat atau tidak. Tips cara merawat cucak ijo mabung lainnya adalah Beri pakan si-ijoan yg berkualitas serta memenuhi nutrisi yg dibutuhkan oleh si-ijoan, serta pada minuman diberi 1 sendok teh madu murni untuk menambah protein dan antibody yg baik untuk burung.

merawat-cucak-ijo-mabung,cucak-ijo-mabung-berapa-lama,cucak-ijo-mabung-macet-bunyi,perawatan-cucak-ijo-mabung-om-kicau,

Merawat juga harus rutin memandikan agar tetap terjaga kebugarannya, bisa dengan di semprot atau di wadah khusus memandikan burung. Setelah itu jemur di pagi hari sekitar jam 7 sampai jam 8 pagi atau bisa lebih pagi lg, setelah itu di angin-anginkan. Beri waktu istirahat yg cukup & beri keadaan tenang dengan cara menutup sangkar menggunakan kain gelap serta di tempatkan di ruang yang tenang. Cara ini juga bisa menjadi cara merawat cucak ijo stress.

Demikianlah beberapa hal yang perlu dilakukan ketika si-ijoan sedang mabung, sebenarnya cara ini merupakan cara merawat dasaran untuk si-ijoan. Tetapi ketika ini sedang mabung maka cara merawat cucak ijo mabung harus dilakukan sesering mungkin misalnya pada pagi & menjelang sore sampai siijo sudah dalam keadaan normal tidak mabung lagi. Semoga tips cara merawat ini bermanfaat untuk pembaca semua khususnya pecinta.
[X] CLOSE