Selasa, 11 Agustus 2015

Cara Merawat Pleci Untuk Lomba dan Tips Agar Siap Ngerol

Cara Merawat Pleci Untuk Lomba dan Tips Agar Siap Ngerol - Cara merawat pleci untuk lomba memang sangat penting terlebih lagi lomba yang dilaksanakan dalam waktu dekat. Meskipun dalam kesehariannya, burung pleci ini sudah gacor namun bukan berarti dia bisa mengatasinya saat berada dalam gentangan. Dengan demikian, Anda harus melatih mental pleci kesayangan Anda seolah-olah burung pleci sedang dilombakan di dalam rumah. Cara melatih pleci untuk lomba bisa dengan membuat sebuah gentangan kecil di rumah, lalu Anda bisa menguji coba pada burung pleci apakah ketika di gantangan burung tersebut ngerol atau ngalas. Saat pleci yang diletakkan di atas gantangan tersebut mau gacor atau ngerol, Anda bisa mengujinya lagi dengan mendekati sangkar dan memperhatikan reaksi burung pleci gacoan Anda. Selain cara merawat pleci untuk lomba diatas, untuk memaksimalkan mental pleci ada beberapa tips yang perlu Anda lakukan berikut ini.

cara merawat burung, gacor, pleci jawara,

 Merawat Pleci Untuk Lomba

1. Pertama-tama 

Pastikan burung pleci kesayangan Anda dengan kondisi kesehatan prima dengan tingkat birahi tepat. Biasanya, burung pleci akan rajin berkicau ketika terjadi rangsangan pada birahinya yang dipicu hormon progesterone, hormon estrogen dan hormon testosteron. Adapun terbentuknya hormon ini bisa disebabkan oleh rangsang luar serta kadar protein yang tinggi pada makanan yang dikonsumsinya. Dalam tips cara merawat pleci untuk lomba ini, memerlukan uji coba agar dapat menemukan level birahi yang tepat sesuai keinginan.

 2. Mengenali karakter burung pleci

Merupakan tahapan cara merawat pleci untuk lomba yang paling penting. Burung pleci termasuk jenis burung kolonial dengan kehidupan sosial yang biasanya bergerombol. Adapun bernyanyi atau berkicau dengan merdu merupakan cara untuk burung ini agar bisa menarik burung lawan jenis yang lain, juga untuk menyatakan batas-batas untuk daerah teritorialnya pada jenis burung lainnya. Pada burung ini, bisa kita bagikan kicauan jenis burung dengan 3 jenis kicauan, yakni song, call dan Albert. Song merupakan kicauan yang panjang berupa alunan nada merdu yang biasanya untuk menarik perhatian pada lawan jenisnya. Call sendiri termasuk kicauan feedback berupa alunan nada merdu yang biasanya digunakan burung ini agar bisa memanggil pasangan dari lawan jenis. Sedangkan Albert sendiri biasanya untuk memberikan peringatan pada jenis burung lainnya ataupun pada jenis burung pasangannya.

3. Melakukan perawatan harian

Cara merawat pleci untuk lomba yang ketiga ini sangat penting untuk diperhatikan bagi pemilik burung pleci. Mulai dari memandikan burung di malam hari, kira-kira antara pukul 7-9 malam memakai sprayer sampai benar-benar basah. Kemudian, angin-anginkan burung pada tempat yang hangat dan terang sambil diberi makanan kroto dan ulat hongkong. Seusai dimandikan lalu diberi pakan kroti, burung pleci dapat di ketodong lagi sampai pagi hari. Setelah pagi hari, pleci dapat disemprot dan diembunkan lagi untuk dimandikan lalu diberikan extra fooding berupa kroto atau ulat hongkong. Kemudian, jemur burung pleci sampai jam 10 pagi dan angin-anginkan hingga 15 menit lalu jauhkan burung pleci Anda dengan burung sejenisnya.

Nah, itulah beberapa cara merawat pleci untuk lomba agar pleci siap untuk dikonteskan. Semoga berhasil!

 Lanjut ke Perawatan Pleci Jawara Yang Mudah dan Simple
Cara Merawat Pleci Untuk Lomba dan Tips Agar Siap Ngerol Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri