Cara Pencegahan dalam Mengatasi Kacer Mbagong Saat Lomba

Cara Pencegahan dalam Mengatasi Kacer Mbagong Saat Lomba - Salah satu jenis burung yang kerap dipelihara oleh para pecinta burung adalah burung kacer. Burung dengan tubuh mungil ini bahkan kerap diikutkan lomba atau kompetisi burung karena memiliki suara yang indah dan merdu. Dengan cara merawat burung kacer yang benar, burung kacer ini akan memiliki suara gacor yang indah dan panjang. Namun, ada satu hal yang perlu Anda hindari ketika memperlombakan burung kacer adalah ketika burung kacer mbaghong. Maka jika diistilahkan dengan istilah kekinian sakitnya tuh disini. Perasaan malu akan menyeruak ketika burung yang Anda jagokan hanya diam tak bersuara. Ketika saat itu terjadi, diperlukan kelihaian Anda dalam mengatasi kacer mbagong saat lomba agar tidak membuat Anda merasa malu.

cara merawat burung kacer mbagong,mabung,mengatasi stress,lomba,

Kacer

Ada beberapa penyebab burung kacer mbagong, diantaranya adalah stamina tubuh sang burung kacer yang drop dan tidak fit. Kemudian bisa disebabkan oleh kekurangan bahkan kelebihan dari ekstra fooding yang diberikan menjelang perlombaan. Penyebab lainnya adalah sang burung memiliki mental yang lemah serta penyebab yang terakhir adalah ketika lomba, burung kacer Anda memiliki tingkat birahi yang sedang tinggi. Beberapa hal tersebut menjadi penyebab sang burung kacer menjadi mbagong dan tidak mau bersuara. Apa yang harus Anda lakukan dalam mengatasi kacer mbagong saat lomba? Apakah harus menurunkannya dan melarikan diri? Kami akan memberikan sedikit tips dalam mengatasi hal tersebut.

 Tak jarang pemilik kacer akan merasa malu dan menurunkan sang kacer dari arena lomba dengan menyuruh orang lain sedangkan sang pemilik kabur entah kemana. Burung kacer yang mbagong dipengaruhi dari perawatan sehari-hari Anda, apakah Anda terlalu memaksakan sang kacer sehingga burung terlihat lebih stress atau Anda kurang peka terhadap kebiasaan burung kacer milik Anda. Mengatasi kacer mbagong saat lomba memang perlu diantisipasi beberapa hari sebelum perlombaan di mulai. Dari beberapa tips pecinta burung, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam mengatasi hal tersebut.

Tips pertama dalam cara mencegah kacer mbagong pada saat lomba adalah dengan mengembunkan burung kacer Anda beberapa hari sebelum perlombaan. Dengan melakukan pengembunan maka hal tersebut akan mendinginkan tubuh sang kacer yang akan berdampak pada menurunnya tingkat birahi dari burung kacer Anda. Saat yang tepat dalam melakukan pengembunan ini adalah sekitar pukul 5 pagi ketika matahari masih berada di ufuk fajar. Mengatasi kacer mbagong saat lomba selanjutnya adalah mengatur makanan yang diberikan menjelang perlombaan. Usahakan untuk tidak memberikan tambahan makanan pada kacer Anda menjelang perlombaan, sebaiknya berikan setengah dari makanan burung kacer yang biasa Anda berikan.

Dan langkah yang terakhir dalam mengatasi kacer mbagong saat lomba adalah menambah waktu berjemur sang kacer. Anda bisa menjemurnya lebih dari 2 jam dan maksimal 4 jam, serta mandikan kacer Anda cukup satu kali dalam sehari. Cara ini cukup berhasil untuk mencegah sang kacer Anda mbagong pada saat perlombaan.

Lanjut ke cara melihat perbedaan Anis Merah jantan dan betina dewasa
[X] CLOSE