Jumat, 14 Agustus 2015

Cara Perawatan Cucak Ijo Stress

Cara Perawatan Cucak Ijo Stress - Ketika seekor burung berada di dalam sangkar dan tidak mendapatkan suasana yang nyaman, terkadang ia bisa menjadi stres tiba-tiba. Biasanya, burung cucak ijo dapat stres apabila ia tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup untuk menghangatkan tubuh. Terkadang burung cucak ijo yang stres juga dapat disebabkan karena pergantian kandang atau harus penyesuaian lingkungan yang baru. Di saat inilah Anda harus mulai mencari cara perawatan cucak ijo stress. Anda tentu tidak ingin burung cucak ijo kesukaan Anda menjadi stres berkepanjangan dan akan menghindari hal-hal yang menyebabkan cucak ijo stres. Hal tersebut karena stres yang berkepanjangan dapat menyebabkan segala jenis burung dapat mati mendadak.

cara mengatasi cucak ijo macet bunyi,cara mengatasi cucak ijo giras,cucak ijo drop,ciri cucak ijo kalah mental

Stres pada burung cucak ijo juga dapat disebabkan karena kekurangan asupan gizi. Bisa juga burung cucak ijo stres karena kandangnya yang kotor. Salah satu ciri burung cucak ijo stres adalah ketika ia tidak mau berkicau. Inilah yang tidak diinginkan para pemilik burung cucak ijo untuk kontes. Apabila burung cucak ijo Anda stres, Anda tentu harus segera memberi perawatan cucak ijo stress secara khusus supaya burung cucak ijo Anda dapat segera berkicau lagi dan menyegarkan hati Anda. Supaya Anda dapat menghindari dan mengobati burung cucak hijau yang stres, ada baiknya Anda mengetahui beberapa hal yang sering menyebabkan burung cucak hijau stres.

Sebab Cucak Ijo Stress

• Trauma

Burung cucak ijo yang stres dapat disebabkan karena trauma akan suatu kejadian. Apabila sebelum sangkar burung cucak ijo Anda sempat jatuh bersama si burung sebelum ia terlihat stres, maka itu dapat dijadikan salah satu indikasi penyebab stres burung cucak ijo Anda. Selain terjatuh, burung cucak ijo juga dapat stres apabila ia diserang oleh binatang pemangsa seperti kucing, anjing, bahkan tikus sekalipun. Untuk mengatasi trauma pada cucak ijo ini, Anda dapat memulai perawatan cucak ijo stress dengan menempatkan si burung di tempat yang sepi dari orang, sehingga ia dapat tenang kembali.

• Masa Mabung

Masa mabung sering kali jadi alasan stresnya burung cucak ijo. Masa mabung adalah masa ganti bulu. Pada masa ini, kondisi si cucak ijo dalam keadaan drop karena konsentrasi pada pergantian bulunya. Ia juga akan membutuhkan banyak asupan gizi supaya proses mabung yang sedang ia jalani dapat berjalan lancar. Sebagai perawatan cucak ijo stress karena masa mabung, usahakan untuk menempatkan sangkar burung cucak ijo Anda di tempat yang cukup tenang dan yang paling penting pastikan asupan gizinya tidak kurang.

• Perubahan

Makanan Selain trauma dan masa mabung, burung cucak ijo juga dapat mengalami stres karena adanya perubahan makanan secara mendadak. Apabila si burung sudah terbiasa memakan suatu makanan tertentu, Anda tentu tidak boleh mengganti makanannya secara mendadak kecuali Anda memberi makanan dadakan tersebut dengan dicampur makanan sebelumnya. Perubahan asupan gizi juga dapat membuat si burung stres. Cara perawatan cucak ijo stress karena perubahan makanan ini dapat Anda tanggulangi dengan memberikan makanan pengganti secara bertahap, dan tetap mengamati asupan gizi burung.

Cara Perawatan Cucak Ijo Stress Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri