Jumat, 14 Agustus 2015

Penyebab dan Cara Merawat Cucak Ijo Stres Agar Gacor Lagi

Penyebab dan Cara Merawat Cucak Ijo Stres Agar Gacor Lagi - Burung Cucak Ijo termasuk salah satu jenis burung yang dilombakan kicauannya. Bagaimana jika burung cucak ijo ini mengalami stres? Tentu saja harus dirawat dengan benar, cara merawat cucak ijo stres harus dikenali terlebih dahulu apa penyebabnya. Banyak sekali penyebab cucak ijo menjadi stres, salah satunya yaitu mabung. Ketika dalam keadaan mabung atau pergantian bulu burung akan cenderung lebih agresif dan mengalami stres. Tidak hanya burung cucak ijo saja yang akan stres jika mengalami mabung, hampir semua jenis burung akan stres jika sedang dalam masa mabung. Tidak hanya mabung saja yang bisa menyebabkan burung cucak ijo menjadi stres ada banyak sebab. 
cara merawat burung, cucak ijo stress, gacor, juara lomba, mabung,

Berikut akan dijelaskan penyebab dan cara merawat cucak ijo stres

1. Obesitas 

Kegemukan atau obesitas ternyata tidak hanya terjadi pada manusia saja, burung pun bisa mengalaminya. Burung cucak ijo akan mengalami stres dan tidak mau berkicau jika sudah mulai kegemukan dan kadar lemak dalam tubuhnya banyak. Untuk mengatasinya, cucak ijo harus sering dijemur tanpa diberikan pakan dan mandi sauna. Pakan yang diberikan bisa diganti dengan belimbing dan mentimun. Kegemukan juga bisa dikarenakan burung kurang bergerak, pindahkan burung pada umbaran agar lebih banyak bergerak. 

2. Mental drop 

Cucak ijo juga bisa stres karena melihat lawan yang mempunyai kicauan yang lebih bagus. Cara merawat cucak ijo stres karena drop mentalnya bisa dilakukan dengan memindahkan burung ini pada ruangan tersendiri yang tidak ada burungnya. Anda juga bisa memberikan terapi berupa suara burung yang lebih rendah atau brainwave. 

3. Over Birahi 

Burung cucak ijo terkadang juga akan mengalami over birahi. Biasanya jika sudah mengalami OB atau over birahi burung akan lebih agresif dan galak. Biasanya cucak ijo yang over birahi juga akan sering menjulurkan lidahnya. Cara merawat cucak ijo over birahi yaitu dengan cara memadikannya dua kali sehari dan menjemurnya selama 2 jam. Selain itu pemberian EF juga bisa membantu mengatasi. 

4. Sakit 

Cara merawat cucak ijo stres karena sakit memang tidak mudah, Anda harus mengenali terlebih dahulu apa penyakitnya. Biasanya burung cucak ijo sering mengalami sakit pernafasan, hal ini ditandai dengan suaranya yang serak dan jarang berkicau. Untuk mengatasinya yaitu dengan memberikan multivitamin yang khusus untuk burung. 

5. Mabung atau Molting 

Mabung atau molting merupakan kondisi di mana burung mengalami pergantian bulu. Cara merawat cucak ijo mabung yaitu dengan cara mempercepat masa mabung yang dialami oleh burung. Berikan EF dan vitamin agar masa mabung burung cucak ijo lebih cepat. Mempercepat masa mabung ini bisa mengurangi rasa sakit dan stres pada burung. 

Kenali dulu penyebab cucak ijo milik Anda menjadi stres, jangan asal melakukan perawatan saja karena bisa memperburuk kondisi burung Anda. Penyebab burung cucak ijo tidak berkicau atau stres tidak hanya stres saja, keadaan kandang yang kotor dan tidak terawat dengan baik juga bisa menyebabkan burung menjadi stres. Oleh sebab itu, kandang dari burung cucak ijo harus selalu dibersihkan setiap hari agar tetap bersih. Gantilah air dalam sangkar setiap hari, jangan sampai tempat makan dan minum burung kotor. Membersihkan kandang setiap hari juga menjadi salah satu cara merawat cucak ijo stres.

Lanjut ke tips dan cara merawat cucak ijo bakalan agar cepat bunyi dengan cepat  
Penyebab dan Cara Merawat Cucak Ijo Stres Agar Gacor Lagi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri