Sabtu, 15 Agustus 2015

3 Langkah Perawatan Kacer Mbagong dan Penyebabnya

Perawatan Kacer Mbagong dan Penyebabnya - Merawat burung memang sebuah pekerjaan yang membutuhkan keseriusan dan harus rajin dalam pengerjaannya. Apalagi untuk burung yg biasa dilombakan, maka jika Anda juga memilikinya Anda harus melakukan perawatan secara ekstra. Kacer adalah salah satu burung yang biasa dilombakan karena keindahan suaranya. Penyakit yang sering terjadi pada kacer ini salah satunya adalah mbagong. Mbagong adalah kondisi di mana burung kacer tidak mau mengeluarkan suara saat di lombakan. Perawatan kacer mbagong ini bisa disebabkan oleh beberapa hal yang menjadi pemicunya.
cara merawat burung,Kacer Mbagon dan Penyebabnya,

Ketika kacer ini kurang birahi, maka bisa menjadi penyebab kacer menjadi mbagong. Cara mengatasi kacer mbagong saat lomba ini bisa dilakukan sebelum hari H. Karena kacer ini merupakan burung pemakan serangga, maka burung ini bisa Anda beri makanan yang sesuai dengan kesukaannya. Perawatan kacer mbagong ini bisa dilakukan dengan pemberian jangkrik yang mengandung banyak protein. Pemilik kacer biasanya akan tahu bahwa makanan wajib yang harus diberikan setiap hari adalah jangkrik. Semakin banyak jangkrik yang ia makan, maka kacer akan semakin lincah, dan birahi akan terpicu. Dalam kondisi birahi, kacer akan lebih sering berkicau.

Sehingga untuk menggembleng kesiapan burung kacer ini sudah seharusnya Anda melakukannya jauh-jauh hari. Adapun beberapa cara yg bisa Anda lakukan untuk perawatan kacer mbagong in.

Perawatan Kacer Mbagong

1. Makan jangkrik

Cara mengatasi kacer mbagong saat lomba antara lain dengan memberikannya makanan jangkrik sebanyak 2 ekor saja setiap pagi dan sore. Sehingga burung ini tidak terlalu birahi, karena burung yg terlalu birahi akan menjadi galak, dan sering berkicau pada siang hari. Hal ini menyebabkan burung akan lebih banyak mengeluarkan energi sehingga pada saat lomba burung justru akan menjadi mbagong.

2. Lebih banyak jangkrik

Perawatan kacer mbagong di mana burung tidak mau berkicau saat sedang lomba harus segera di atasi dengan perawatan makanan yg tepat. Makanan jangkrik akan memberikan protein yg cukup sehingga birahi akan selalu naik. Dan ini juga akan membuat burung selalu berkicau. Berikan jangkrik lebih banyak jika Anda ingin Kacer Anda berkicau sepanjang hari. Berikan jangkrik lebih banyak, paling tidak 5 ekor jangkrik setiap pagi dan sore. Selain itu, Anda juga bisa memberikannya kroto sebanyak satu sendok teh yg bisa diberikan setidaknya satu hingga dua kali dalam seminggu sekali.

3. Kerodong burung

Perawatan kacer lomba memang tidak sama dengan perawatan kacer rumahan. Karena kacer lomba memang membutuhkan lebih banyak protein sebagai pendongkrak stamina. Setelah Anda memberikannya lebih banyak jangkrik, maka sebaiknya burung dikerodong agar beristirahat. Sehingga tenaga yg di keluarkan burung tidak banyak.

Demikianlah perawatan kacer mbagong yang bisa Anda lakukan, semoga bermanfaat.

Lanjut ke Tips cara menjinakkan pleci dada kuning bakalan
3 Langkah Perawatan Kacer Mbagong dan Penyebabnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri