Perawatan Pleci Mabung Supaya Cepat Pulih

Perawatan Pleci Mabung Supaya Cepat Pulih - Proses mabung adalah proses yang terjadi ketika seekor burung hendak berganti bulu. Proses ini terkadang cukup merepotkan para pemilik burung kontes karena dalam kondisi ini, burung peliharaan akan lebih mudah stres. Burung yang sedang mabung tentu juga tidak dapat diikutkan dalam kontes, hal ini karena tidak akan membuat burung tersebut nyaman. Burung yang mabung tentu akan dialami semua jenis burung, tidak terkecuali dengan burung pleci. Perawatan pleci mabung harus Anda lakukan secara hati-hati, mengingat betapa rentannya di burung yang sedang mabung. Hal ini tentu dikarenakan ada hormon-hormon tertentu yang ada dalam tubuh burung yang memicunya menjadi mudah tertekan dan stres. Apabila Anda ingin burung pleci Anda tetap sehat ketika ia melewati masa mabung, ada baiknya Anda melakukan hal-hal yang direkomendasikan dalam artikel ini.

cara merawat burung,perawatan pleci mabung om kicau,mabung nyulam,mabung omkicau,

Cara Perawatan Pleci Mabung

• Pakan burung pleci mabung 

Untuk pakan burung pleci yang sedang mabung sebagai cara perawatan pleci mabung, Anda dapat memanfaatkan voer saja. Makanan ini sudah cukup berkualitas untuk si burung pleci yang sedang mabung. Namun, Anda tetap harus memastikan bahwa burung pleci Anda selalu memakan voer yang bersih dan tidak berjamur atau basi. Meskipun demikian, pemberian voer yang terlalu banyak juga tidak baik untuk si burung. Hal ini karena dapat membuat si burung terlalu kegemukan.

Apabila Anda menginginkan makanan tambahan untuk si burung pleci yang sedang mabung, Anda dapat memberikan ulat kandang juga buah-buahan. Anda dapat memberikan ulat kandang untuk setiap pagi dan sore harinya. Anda juga dapat memberikan buah pisang sebagai nutrisi tambahan bagi burung pleci milik Anda.

• Hindari memandikan dan menjemur
Ketika burung sedang mengalami proses mabung, ada baiknya Anda mengistirahatkan si burung dari kegiatan mandi dan berjemur. Hal ini dikarenakan proses penjemuran oleh sinar matahari dapat membuat bulu-bulu si burung jadi lambat proses pertumbuhannya. Anda sebaiknya baru memulai proses memandikan dan menjemur si burung pleci kesayangan Anda saat Anda mulai melihat tunas-tunas bulu yang sedang bertumbuh. Perawatan pleci mabung memang perlu perhatian yang lebih dari Anda.

• Pemberian multivitamin

Apabila Anda menginginkan burung pleci cepat tumbuh bulu, maka ada baiknya Anda memberikan asupan vitamin tambahan. Anda dapat memberikan vitamin sebanyak 3 kali dalam seminggu supaya burung pleci kesayangan Anda tidak kekurangan asupan gizi. Sebenarnya, pakan voer, ulat kandang dan buah-buahan saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi si burung pleci. Namun sebagai perawatan pleci mabung supaya bulunya cepat tumbuh tentu Anda harus memberikan asupan gizi tambahan yang baik untuk kesehatannya.

• Pengkondisian lingkungan

Pengkondisian lingkungan adalah suatu hal yang wajib Anda lakukan supaya burung pleci Anda tetap merasa nyaman dan tidak stres. Usahakan untuk menyediakannya tempat yang sepi dari manusia dan aman. Lingkungan aman untuk pleci mabung dapat diraih dengan menjauhkan ia dari jangkauan kucing atau binatang liar lain yang dapat menerkamnya. Anda dapat memberikan ruangan lain yang tidak terdapat burung lain. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan kerudung sangkar supaya burung pleci merasa aman. Hal ini dapat Anda lakukan supaya perawatan pleci mabung dapat berjalan lebih efektif.

Lanjut ke  kecer isian cililin untuk kejuaraan kecer
[X] CLOSE