Senin, 17 Agustus 2015

Tips Cara Merawat Cucak Ijo Lomba Agar Rajin Berkicau

Tips Cara Merawat Cucak Ijo Lomba Agar Rajin Berkicau - Cara merawat cucak ijo lomba sangat penting bagi pencinta burung ini. Cucak hijau termasuk jenis burung yang telah mempunyai kelasnya tersendiri ketika lomba. Burung cucak hijau ini mempunyai kicauan yang bervariasi dan juga sangat enak serta merdu ketika didengarkan. Cucak hijau pun bisa dibilang termasuk burung yang mempunyai gaya fighter yang baik. Ketika mempersiapkan cucak hijau supaya tampil menawan saat lomba, tentu kita harus mengetahui tips merawat cucak ijo untuk lomba. Sehingga, ketika diikutsertakan pada lomba, cucak ijo kesayangan Anda mampu juara di antara burung cucak ijo lainnya. Dalam cara merawat cucak ijo lomba, ada beberapa tahapan penting yang perlu Anda lakukan.
cara merawat burung cucak ijo biar gacor,cucak ijo mabung,perawatan cucak ijo stres,cucak ijo trotolan,

Cucak Ijo


Tahapan Penting Untuk Perawatan

• Jenis Sangkar/Kandang Cucak Ijo 

Cucak Ijo termasuk burung yang gesit serta gemar melakukan lompatan, hal inilah yang membuat kita harus selalu memperhatikan bentuk kandang yang sesuai untuk burung ini. Adapun caranya dengan mempersiapkan kandang berukuran agak besar dengan di dalamnya terdapat 2 bilah tangkringan atau palang sebagai tempat untuk bertengger cucak ijo agar lebih nyaman. Berbeda halnya sangkar untuk lomba sebaiknya Anda memilihkannya sangkar berbentuk Sanghai yang bundar memanjang dengan 2 bagian tempat pakan, untuk kroto dan voer, berikut juga tempat minumnya.

• Kebersihan Sangkar 

Perawatan cucak ijo lomba berikutnya adalah dengan selalu merawat dan menjaga kebersihan sangkar cucak ijo. Perhatikan sanitasi dan kebersihan sangkar cucak ijo ini agar selalu sehat. Adapun tahap pembersihan sangkar sebaiknya dilakukan 1 kali tiap 2 hari. Bersihkan kotoran burung melalui aliran air yang Anda alirkan dan semprotkan dengan larutan pembersih atau pembasmi kuman.

• Pemberian Pakan Cucak Ijo 

 Tips cara merawat cucak ijo lomba berikutnya adalah dengan pemberian pakan yang tepat, seperti serangga, buah-buahan dan biji-bijian. Adapun pakan utama untuk cucak ijo sendiri bisa Anda berikan berupa ulat bambu, belalang dan voer. Anda juga bisa memberikannya pakan tambahan, berupa pepaya dan pisang kepok yang sudah matang.

 Tahap Perawatan Berikutnya

Sementara untuk perawatan cucak ijo supaya gacor atau rajin untuk berkicau, maka Anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini:

• Pilih burung cucak ijo yang berjenis kelamin jantan, karena cucak ijo jantan biasanya lebih cepat gacor dibandingkan cucak ijo betina.

• Mandikan burung di setiap pagi hari melalui penyemprotan memakai spray atau dengan memberinya cepuk supaya burung cucak ijo lebih bebas dan nyaman ketika mandi, yakni di jam 7 pagi.

• Membersihkan kandang merupakan cara merawat cucak ijo lomba yang paling wajib, karena dalam perlombaan sendiri burung harus siap berdasarkan stamina dan kesehatannya. Untuk menjauhkan burung dari serangan penyakit inilah, cucak ijo akan selalu berstamina dan siap untuk dilombakan.

 • Tahap penjemuran bisa dilakukan kurang lebih selama 1 jam lamanya, setelah tahap penjemuran Anda bisa mengangin-anginkan burung ini di teras rumah.

 • Agar cucak ijo lebih siap untuk lomba, sediakan makanan berkualitas seperti voer, yang mengandung protein, vitamin, mineral dan nutrisi penting lainnya.

• Lakukan pemasteran pada cucak ijo, entah itu dengan mendengar suara burung sejenis yang juara secara langsung ataupun melalui MP3.

 • Tahap terakhir yaitu dengan membuat burung cucak ijo merasa lebih nyaman. Dengan lingkungan yang nyaman inilah cucak ijo akan sering berbunyi dan cepat gacor.

 Ya, demikianlah beberapa tahapan penting cara merawat cucak ijo lomba agar rajin berkicau!Sekian bahasan kita untuk ini.

Lanjut ke tips perawatan Pleci biar gacor dan ngerol
Tips Cara Merawat Cucak Ijo Lomba Agar Rajin Berkicau Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri