Tips Perawatan Pleci Lomba Agar Ngerol

Tips Perawatan Pleci Lomba Agar Ngerol - Perawatan pleci lomba sangat penting dilakukan terutama menjelang perlombaan tiba. Untuk melakukannya, Anda harus mempersiapkan mental pleci terlebih dahulu, sehingga pleci kesayangan pun siap untuk dilombakan. Untuk melihat apakah pleci siap dilombakan, Anda sebaiknya melakukan simulasi perlombaan di rumah. Hal ini tentu untuk melatih pleci lomba agar siap mental di lapangan, simulasi ini pun bisa Anda lakukan dengan cara membuat gantangan lomba, lalu tunggu si pleci agar ngeroll atau ngalas. Apabila sudah mulai ngerol, Anda bisa mendekati sangkarnya. Apabila pleci dalam keadaan tetap tenang saat didekati, dengan tetap ngerol maka pleci pun sudah memiliki mental yang siap dilombakan.

cara-merawat-burung-pleci-untuk-lomba,agar-cepat-ngerol,agar-supaya-cepat-bunyi,

Tips Perawatan Pleci

Dalam perawatan pleci lomba ini, Anda dapat melakukan perawatan harian dengan poin-poin penting berikut ini:
  • Tahap pertama adalah dengan memandikan burung pleci di malam hari melalui penyemprotan halus memakai spray berjarak ½ meter sampai pleci basah kuyup. Anda bisa melakukannya sekitar jam 7-9 malam.
  • Kemudian cara merawat pleci lomba berikutnya adalah dengan mengangin-anginkan burung di tempat yang terang, sembari memberinya ulat hongkong dan kroto. Ada baiknya jika Anda tak memberikan pakan berupa ulat kandang.
  • Langkah selanjutnya, Anda bisa mengkrodong pleci lalu diembunkan semalaman sampai pagi hari dengan kondisi full kerodong. Nah, di pagi hari ketika cahaya matahari sudah mulai hangat, Anda bisa membuka kerodongnya kemudian mandikan dengan cara disemprot secara halus.
  • Tahap perawatan pleci lomba berikutnya adalah seusai mandi, berikan pleci kesayangan Anda EF, yaitu dengan memberinya ulat hongkong yang berwarna putih dan 2 sdt kroto. 
  • Kemudian lakukan penjemuran di jam 7 sampai jam 10 pagi, atau bisa juga durasinya disesuaikan berdasarkan kebiasaan pleci tersebut. Jika sudah dianginkan, langkah berikutnya diangin-anginkan hingga 15 menit. Pada saat inilah, Anda bisa melihat siap atau tidakkah pleci untuk dilombakan ketika mendengar nyanyiannya, dengan suara call yang disertai ngeroll dan ngalas. Apabila hanya bersuara call, maka burung pleci Anda pun masih belum siap dilombakan. 
  • Apabila sampai H-1, pleci bisa mengeluarkan kicauan suara call yang dilengkapi dengan ngeroll dan ngalasnya, juga tak merasa takut ketika didekati oleh pemiliknya/manusia, maka Anda bisa melanjutkan pleci menuju perawatan pleci lomba ketika menjelang lomba. 

Untuk melakukan perawatan menjelang lomba, di H-1 malamnya Anda bisa memandikan pleci di malam hari sesuai perawatan harian di atas. Lalu dinginkan pleci hingga 1 jam pada tempat yang terang sembari memberinya ulat hongkong 3 buah dan 2 sdt kroto. Lalu kerodong burung agar beristirahat dengan total sampai pagi hari. Ketika tiba di lapangan, sebelum pleci digantang, Anda bisa membuka kerodong hingga 15 sampai 30 menit lalu biarkan pleci kesayangan Anda berbunyi nyaring. Nah, itulah beberapa tips perawatan pleci lomba menjelang lomba!

Lanjut ke ini dia trik dan cara merawat kacer agar cepat gacor
[X] CLOSE