Tahapan Cara Merawat Kacer Poci Untuk Pemula Yang Tepat

Cara Merawat Kacer Poci Untuk Pemula - Bagi Anda para pemula pecinta kacer poci yang belum mengetahui cara merawat kacer poci yang baik, sebaiknya tidak boleh asal memeliharanya. Jenis burung ini memang memiliki harga yang cukup mahal karena memiliki suara yang indah dan ciri fisik menarik. Namun jika Anda sudah membelinya dengan mahal tetapi tidak bisa merawat bisa saja burung tersebut mengalami stres yang menyebabkan tidak mau berkicau. Burung kacer poci termasuk dalam jenis burung yang mudah beradaptasi, sehingga jika Anda menerapkan perawatan yang sederhana saja sudah mampu menjaga mood burung tidak stres. 

biar cepat gacor, cara merawat burung, kacer poci untuk pemula,

Kacer poci memiliki karakteristik sebagai burung petarung dengan mengandalkan kicauannya yang keras merdu sehingga sering membuat burung lain kalah. Burung kacer yang sudah berkualitas memiliki senjata khusus ketika berkicau, sehingga para pecinta burung memberi istilah dengan mbagong. Supaya burung bisa berkualitas mbagong maka perlu menerapkan cara merawat kacer poci, Anda bisa menerapkan beberapa cara merawat kacer mbagong. Cara ini bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk Anda yang masih pemula dalam merawat burung. 

Adapun Langkah Merawat Kacer Poci Tersebut Antara Lain Adalah Sebagai Berikut

1. Jemur burung dalam sangkarnya di bawah matahari pagi kurang lebih 1 jam supaya mendapatkan udara segar dan vitamin dari sinar matahari. 

2. Bersihkan kandang dari kotoran burung dang anti air minum burung secara rutin. 

3. Cara merawat kacer poci selanjutnya adalah member 2 ekor jangkrik pada pagi hari. 

4. Setelah di jemur 1 jam selanjutnya mandikan burung dengan semprotan atau sangkar khusus memandikan burung. 

5. Setelah dimandikan kemudian angin-anginkan kurang lebih 30 menit. Setelah itu, tutup sangkar menggunakan kain gelap serta letakkan kacer di ruangan yang tenang. 

6. Beri masteran suara terapi burung atau memutar suara burung kacer poci MP3. 

Selain cara merawat kacer poci diatas, Anda juga harus memperhatikan cara pemberian pakan kacer poci yang berkualitas. Pilih jenis pakan burung yang mengandung nutrisi lengkap supaya kacer tidak stres dan terkena penyakit. Jenis pakan khusus kacer selain pur burung adalah ulat hongkong, kroto dan ulat bambu. Jika Anda memiliki kacer bakalan maka Anda harus mencampurkan ulat atau kroto dengan pur supaya kacer terbiasa makan pur sedikit demi sedikit. 

 Lakukan cara merawat yang bisa dilakukan oleh pemula maupun yang sudah profesional untuk kelas lomba. Cara ini juga bisa diterapkan untuk cara merawat kacer bakalan maupun anakan dengan melakukannya secara rutin. Namun ketika burung sedang mabung maka cara ini harus dilakukan lebih rutin pada pagi dan sore hari sampai keadaan burung normal tidak mabung lagi. Demikianlah sedikit tips singkat cara merawat kacer poci semoga bermanfaat untuk pembaca semuanya. Anda bisa share kepada teman atau sesame penggemar kacer tentang cara merawat kacer jenis poci ini.

Lanjut ke cara merawat cucak ijo mabung
[X] CLOSE