Cara Merawat Cucak ijo Mabung yang Benar

Cara Merawat cucak ijo Mabung yang Benar - Burung adalah hewan yang memiliki banyak keunikan, entah itu dari segi suara maupun warnanya. Bagi pencinta burung pasti tak asing lagi dengan burung cucak ijo mabung. Cucak ijo mabung merupakan burung yang terkenal dengan keindahan suaranya. Kalau kamu mengaku sebagai pencinta burung, tentu harus tahu cara merawat cucak ijo mabung dengan benar. Burung ini butuh perawatan layaknya manusia agar kamu tak kehilangan suara merdunya dan keindahan bulunya. Burung tersebut tidak bisa diperlakukan semena-mena. Mabung atau molting berarti merontokkan dan cucak ijo ijo memang mengalami fase mabung atau pergantian warna bulunya dan terjadi secara periodic.

cara merawat burung, cucak ijo mabung, gacor, lomba,

Sebenarnya mabung tau molting adalah hal alamiah yang dialami oleh semua burung. Namun sebagai pecinta burung, kamu harus paham betul bagaimana cara merawat cucak ijo mabung. Pada dasarnya, cara merawat cucak ijo muda ataupun tua yang sedang mabung sama saja. Ketika cucak ijo mabung, ia akan kehilangan 25% nutrisi dalam tubuhnya sehingga untuk memulihkan kondisinya, kamu harus memperhatikan kebutuhan nutrisi burung kesayangan kamu tersebut. Perhatian serta perlakuan kamu terhadap burung akan menentukan kelangsungan burung.Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika mengetahui cucak ijo ijo mabung. Adapun cara merawat cucak ijo mabung yang di anjurkan.

Tahapan Merawat Cucak ijo

1. Rutin cek kesehatan burung

Hal pertama yang kamu lakukan adalah cek kondisi kesehatan cuck ijo kamu. Pastikan burung kesayangan kamu tidak terjangkit virus ataupun penyakit lain. Virus yang biasa menyerang burung misalnya virus polyma dan circovirus. Bahayanya virus tersebut dapat memperlambat pertumbuhan bulu ketika sedang mabung. Atau, basmi semua pengganggu seperti cacing, kutu dan mikroba. Untuk mengetahui kondisi kesehatannya secara keseluruhan bawalah ia ke dokter.

2. Berikan ekstra fooding

Cara merawat cucak ijo mabung yang dapat kamu usahakan yang kedua adalah dengan memberikan ekstra fooding. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, burung yang sedang mengalami mabung dalam keadaan kekurangan nutrisi sehingga kondisi tubuhnya pun menurun. Tambahkan porsi jangkrik lebih banyak kemudian berilah papaya atau pisang sebagai nutrisi tambahan serta vitamin-vitamin yang dibutuhkan. Pemberian makanan ekstra sebenarnya berlaku untuk cara merawat cucak jenggot dan sebagainya.

3. memberikan ekstra fooding

Kamu juga harus paham bahwa cucak ijo adalah burung bodoh dimana ia mudah lupa dan kehilangan memori suara yang pernah dinyanyikan. Oleh sebab itu, kamu perlu tahu cara merawat cucak ijo macet suara. Sebaiknya kamu melakukan master ketika burung mengalami mabung karena ia akan lebih mudah diisi suara dan menambahkan memori suara.

4. Mandikan dan jemur

Hal ketiga adalah dengan melakukan penjemuran serta pemandian. Namun jangan mandikan cucak ijo yang sedang mabung terlalu sering. Cukup seminggu sekali dan lakukan penjemuran karena sinar matahari sangat bagus untuk pertumbuhan bulunya dan jemur selama 20 menit setiap hari. Pastikan beri makan secara teratur dan makanan harus mengandung nutrisi yang tinggi.

Inilah beberapa hal mengenai cara merawat cucak ijo mabung yang perlu kamu tahu. Patikan burung kesayangan kamu dalam kondisi prima saat masa mabung dating. Namun kamu tidak perlu panik karena mabung adalah proses alamiah yang selalu terjadi pada burung.

Lanjut ke cara merawat kacer poci untuk pemula
[X] CLOSE