Perawatan Kacer Lomba Sebagai Persiapan Lomba

Perawatan Kacer Lomba Sebagai Persiapan Lomba - Burung kacer adalah burung yang di spesialkan untuk perlombaan kicauan burung. Burung ini terkenal dapat menirukan beberapa jenis suara burung lain, seperti burung cililin, lovebird, burung cucak jenggot, dan masih banyak lainnya. Keahliannya dalam menirukan suara burung-burung inilah yang membuat kacer selalu diperlombakan di berbagai daerah di seluruh Indonesia. Perawatan kacer lomba harus diperhatikan dalam hal ini, agar kacer dapat memberikan penampilan dan suaranya secara optimal dan dapat menyabet juara di perlombaan tersebut. Para pemilik kacer biasanya rela datang jauh-jauh ke luar kota, luar propinsi, bahkan luar pulau untuk mengikuti perlombaan kacer sambil berkumpul dengan komunitas penyuka kacer.
cara merawat burung,perawatan kacer sebelum agar juara lomba,download lagu suara burung kacer lomba,

Melakukan Perawatan Kecer Untuk Lomba

Mengetahui Perawatan Dari Berkumpul Sesama Pencinta Kecer

Ketika berkumpul satu sama lain biasanya terdapat banyak pembicaraan mengenai bagaimana perawatan kacer lomba sebelum perlombaan dan setelah perlombaan, dan perawatan untuk keseharian. Nah, bagi Anda pemula yang menyukai kacer, kami akan memberikan trik yang ampuh sebagai bentuk perawatan kacer juara yang nantinya kacer-kacer Anda dapat tampil optimal ketika di perlombaan. Pada dasarnya kacer harus hidup nyaman dimana ia tinggal, dari segi kandangnya harus bersih, dan lingkungannya harus sehat. Anda harus rutin dan telaten dalam merawat kacer, apalagi menjelang lomba maka kacer harus benar-benar dalam kondisi yang prima. 

Mengatur Pemberian Pakan

Untuk memberi makan kacer sehari-hari idealnya adalah 5 jangkrik setiap pagi dan 5 jangkrik untuk sore harinya. Anda harus teratur memberi makan agar kacer mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Kemudian kacer harus berjemur selama 1 jam untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup dan agar kacer tidak stres. Terus-menerus hidup di kandang tentu memerlukan suasana yang berbeda yang sangat berarti meskipun hanya sebentar. Sebagai perawatan kacer lomba, mandikan kacer cukup dua hari sekali saja, hal ini sudah membuat burung kacer Anda menjadi bersih dan sehat. Terlalu sering memandikan kacer juga akan menimbulkan efek yang tidak baik. 

Waktu Pemasteran Kacer

Jenis burung kacer ada bermacam-macam dan kesemuanya dapat dilombakan, yaitu kacer killer, kacer monster, dan kacer ibra. Dalam melakukan pemasteran kacer dengan burung master, lakukanlah sehari dalam dua sesi selama minimal 2 minggu sebelum perlombaan. Sesi pertama adalah sekitar pukul 10.00-12.00 kemudian biarkan kacer istirahat terlebih dahulu dan mulai pemasteran lagi pada pukul 15.00-17.00. Malam harinya biarkan kacer beristirahat dengan nyaman. Ini juga termasuk perawatan kacer lomba yang intensif harus dilakukan. Pemasteran kacer sebaiknya dilakukan di dalam ruangan yang tidak terdapat suara bising yang akan mengganggu suara master. 

Makanan keker Lomba

Setiap hari memang kacer diberi makan jangkrik sebanyak 10 ekor yang terbagi menjadi 5 di pagi hari dan 5 lagi di sore hari. Namun, sehari sebelum lomba sebaiknya kacer diberi makan tambahan. Istilahnya adalah sebagai suplemen dan multi vitamin agar keesokan harinya kacer dalam fit dan memberikan performa yang memuaskan. Mental kacer juga akan terjaga apabila kesehatan fisiknya terjaga. Makanan tambahan tersebut adalah kroto sebanyak 1 sendok makan dan penambahan makan jangkrik menjadi dua kali lipat. Hal ini cukup dilakukan sehari menjelang perlombaan saja sebagai perawatan kacer lomba.

Lanjut ke cara menjinakan pleci agar akrab dengan pemiliknya
[X] CLOSE